ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA DITINJAU DARI KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN KEIRSEY (ARTISAN, GUARDIAN, IDEALIS DAN RASIONAL)

Authors

  • Meitha Arinindya Putri Program Studi Pendidikan Matematika Unsika
  • Haerudin Program Studi Pendidikan Matematika Unsika
  • Nita Hidayati Program Studi Pendidikan Matematika Unsika

DOI:

https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v5i2.1069

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMA yang ditinjau dari karakteristik kepribadian Keirsey, yakni artisan, guardian, idealis dan rasional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dengan sampel 8 orang siswa pada salah satu SMA di kabupaten Karawang yang dipilih berdasarkan perolehan dua nilai teratas dari masing-masing tipe kepribadian pada tes angket untuk menggolongkan tipe kepribadian. Adapun instrumen yang digunakan adalah angket kategori empat kepribadian Keirsey, tes tulis kemampuan komunikasi matematis, serta wawancara. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan cara masing-masing tipe kepribadian dalam menyelesaikan masalah kemampuan komunikasi matematis. Hal ini terlihat dari subjek dengan kepribadian artisan tidak mampu dalam sebagian besar indikator, menjawab soal dengan optimis, percaya diri, cenderung tergesa-gesa, kurang mengerti dalam penggunaan simbol serta menggunakan cara yang paling efektif. Subjek dengan kepribadian guardian tidak mampu dalam sebagian besar indikator, mengerjakan dengan tekun, menggunakan prosedur rutin yang umum, kurang memahami tujuan soal, lamban, serta berfokus kepada rasa aman. Subjek dengan kepribadian idealis sangat mampu dalam indikator kemampuan menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan sesuai permasalahan dalam soal, menyelesaikan dengan cara yang tertata, rapih, namun kurang teliti pada penggunaan simbol. Subjek dengan kepribadian rasional sangat mampu dalam indikator kemampuan menuliskan alasan dalam menjawab soal, cukup mampu indikator kemampuan menuliskan istilah-istilah dan simbol-simbol matematika, cukup mampu dalam indikator kemampuan menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan sesuai permasalahan dalam soal, serta kurang mampu pada indikator lainnya, menyelesaikan dengan cara teoritis, logis, cerdas, fleksibel, berpikir abstrak, serta mampu menjelaskan langkah-langkah penyelesaian secara benar dan tepat.

Kata Kunci: artisan, guardian, idealis, komunikasi, rasional

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Meitha Arinindya Putri, Haerudin, & Nita Hidayati. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA DITINJAU DARI KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN KEIRSEY (ARTISAN, GUARDIAN, IDEALIS DAN RASIONAL). Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 691–697. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v5i2.1069