PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AMALIAH KEAGAMAAN ALA NAHDLATUL ULAMA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SANTRI

  • Auliyaur Rokhim Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Moh. Miftahul Choiri Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Abstract

Abstrak: Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Amaliah Keagamaan ala Nahdlatul Ulama
terhadap Prestasi Akademik Santri. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran berbasis amaliah yang sering dijumpai di kalangan pondok pesantren bercirikan
Nahdlatul Ulama terhadap perkembangan prestasi santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan
ex post facto. Populasi adalah santri pondok pesantren di wilayah Kabupaten Bojonegoro dan
sekitarnya. Sampel sebanyak 147 responden ditentukan menggunakan teknik proportional random
sampling. Pengumpulan data dengan instrumen angket dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensia. Penelitian menunjukkan model
pembelajaran berbasis amaliah keagamaan ada di setiap pondok pesantren bercirikan Nahdlatul
Ulama di wilayah Kabupaten Bojonegoro dan sekitarnya. Santri yang mengamalkan dengan
maksimal amalan keagamaan yang diagendakan di pondok pesantren relatif masih rendah
mencapai angka 38,78%. Pencapaian akademik santri dengan prosentase 38,78% tersebut yang
memiliki nilai rata-rata rapor diatas 9 (skala 10) relatif tinggi 91,23%. Sedangkan santri yang
kurang memaksimalkan amaliah keagamaan yang ada di pondok pesantren relatif tinggi mencapai
angka 61,22%. Pencapaian akademik santri dengan prosentase 61,22% tersebut yang memiliki
nilai rata-rata rapor diatas 9 (skala 10) relatif rendah mencapai angka 16,67%. Terdapat pengaruh
signifikan terhadap prestasi akademik santri yang memaksimalkan amaliah keagamaan dan yang
kurang memaksimalkan amaliah keagamaan.

Published
2020-03-29
Section
Artikel