PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN AGAMA SISWA PADA PROGRAM ILD (AL IHYA LI ULUMI AD DIN) DI MTs. AN-NUR PAMEKASAN MADURA

  • Rofiatul Hosna UNIVERSITAS HASYIM ASY'ARI TEBUIRENG JOMBANG

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran konstruktivistik merupakan teori pembelajaran kognitif yang baru
dalam psikologi pendidikan yang menyatakan bahwa siswa harus menemukan sendiri
dan menstransformasikan informasi kompleks, mengecek informasi baru dengan aturanaturan
lama
dan
merevisinya
apabila
aturan-aturan
itu
tidak
sesuai
lagi.


Penelitian

ini mempunyai rumusan masalah; (1) Bagaimana pemahaman
keagamaan siswa di MTs. An-Nur Pamekasan Madura? (2) Bagaimana pembelajaran
konstruktivistik pada program ILD di MTs. An-Nur Pamekasan Madura? (3) Apa faktor
pendukung dan penghambat pembelajaran konstruktivistik pada program ILD di MTs.
An-Nur Pamekasan Madura?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian
field research. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
menggunakan tiga teknik, yaitu: (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi.
Data yang diperoleh berupa kata-kata, kejadian, catatan, laporan dan dokumen.Teknik
analisa data yang dilakukan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan/verifikasi. Kriteria keabsahan data didasarkan atas: derajat
kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability)
dan kepastian (confirmability).
Hasil penelitian diperoleh: Pertama, pemahaman keagamaan siswa di MTs. AnNur

Pamekasan Madura, sudah diberlakukan kegiatan-kegiatan yang menunjang
keagamaan siswa seperti sholat, mengaji dan lain-lain.
Kedua, pembelajaran konstruktivistik pada program ILD di MTs. An-Nur
Pamekasan Madura ada kaitannya atau ada pengaruhnya pada pengembangan
keagamaan siswa. Hal ini dapat dibuktikan dalam pendalaman materi yang
diaplikasikan siswa dalam kehidupan sehari-hari.
Ketiga, setiap pendekatan dalam pembelajaran memiliki kelebihan dan
kelemahan sendiri-sendiri. Demikian juga penerapan pendekatan konstruktivistik yang
tidak lepas dari faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Adapun
faktor pendukung dari penerapan pendekatan konstruktivistik adalah; Kompetensi
kepala Madrasah di MTs. An-Nur Pamekasan Madura. Madrasah yang mampu menjadi
pemimpin yang cerdas dan inovatif, memiliki kecakapan, keahlian, kesabaran dan
keikhlasannya. Kecakapan dan keahlian guru-guru di MTs. An-Nur Pamekasan Madura
adalah guru yang profesional. Sarana dan prasarana yang memadai serta lokasi sekolah
yang strategis dan kondusif.

Kata Kunci: Pembelajaran Konstruktivistik, Penguasaan Agama Siswa, dan Program Al
Ihya Li Ulumi Ad Din

Published
2019-04-09