UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DENGAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK DI SMP YPM 7 SIDOARJO

  • Budi Purwantiningsih Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Sunardi Universitas Sunan Giri Surabaya

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana kemampuan membaca AlQur’an

siswa siswi SMP YPM 7 Sidoarjo (2) Mengetahui penerapan metode SAS
dilaksanakan pada siswa SMP YPM 7 Sidoarjo 3) Mengetahui faktor atau kendala apa
saja yang mempengaruhi proses belajar mengajar Al-Qur’an dengan metode SAS di
SMP YPM 7 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat
deskriptik analitik, dengan mengambil latar SMP YPM 7 Sidoarjo. Pengumpulan data
dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan Triangulasi sumber (mengamati data hasil pengamatan
dengan hasil wawancara). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan
membaca al-Quran peserta didik SMP YPM 7 Sidoarjo mengalami peningkatan seiring
dengan bertambah naiknya kelas mereka, baik dari segi tajwid, Makhrajil Huruf,
Shifatul Huruf, Tartil dan kelancarannya. (2) Penerapan metode SAS mampu
meninkatkan kemampuan membaca al-quran pada kelas VII sebesar 86,67%, kelas VIII
sebesar 86,1%, dan kelas IX sebesar 97,1% 3) Kendala yang dihadapi yaitu waktu
pelaksanaan kegiatan pembelajaran membaca al-Quran yaitu satu jam atau 45 menit
dalam sehari atau sekali tatap muka sehingga kurang terkontrolnya siswa yang bisa
membaca dengansiswa yang belum bisa sama sekali. 4) upaya yang dilakukan untuk
meningkatkan membaca al-quran adalah menambah jam belajar membaca al-quran,
menggunakan metode yang tepat, diantaranya adalah baca simak, mengulang-ulang,
dibaca secara bersama-sama.

Kata Kunci: Upaya, Kemampuan, Membaca al-Quran, Metode Struktural Analitik
Sintetik.

Published
2019-04-09