UPAYA MI FATTAHUL HUDA DALAM MENJAGA AKHLAKUL KARIMAH DI ZAMAN NOW

Authors

  • - SAHRI Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • MOH. MIFTAHUL CHOIRI Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Abstract

Artikel ini berupaya memaparkan peran Madrasah Ibtidaiyah Fattahul Huda dalam menjaga akhlak mulia di era modernisasi seperti sekarang ini. Akhlak atau etika merupakan permasalahan yang sangat mendasar, masalah fundamental yang harus selalu diawasi dan diperhatikan setiap saat. Hal tersebut selaras dengan sabda Nabi Muhammad SAW, bahwa beliau diutus tidak lain adalah untuk memperbaiki akhlak manusia. Dengan demikian pendidikan akhlak adalah pendidikan yang utama yaitu sebagai bekal untuk menyiapkan hari esok yang lebih baik. Kualitas akhlak hendaknya selalu diupayakan agar menjadi lebih baik lagi. Sekolah sebagai lingkungan pendidikan merupakan fondasi yang kokoh dalam proses pembentukan akhlak. Pembentukan akhlak membutuhkan pembiasaan sejak dini karena akhlak tidak dapat dibentuk dalam waktu yang singkat. Adanya peran pendidikan, khususnya pendidikan persekolahan akan sangat membantu dalam pembentukan pribadi yang utama. Untuk itu MI Fattahul Huda sebagai salah satu lembaga pendidikan ikut berperan aktif dalam menjaga dan mengawal perkembangan akhlak peserta didiknya. Mereka para guru dan warga sekolah mempunyai cara sendiri untuk membimbing akhlak peserta didiknya sehingga terbentuk akhlak mulia seperti yang dicita-citakan bersama.

 

This article seeks to explain the role of Madrasah Ibtidaiyah Fattahul Huda in maintaining noble character in the era of modernization as it is today. Moral or ethics is a very basic problem, a fundamental issue that must always be watched and cared for at all times. It is in harmony with the words of Prophet Muhammad SAW, that he was sent is none other than to improve human morality.
Thus moral education is the main education that is as a preparation for preparing a better tomorrow. The quality of morality should always be sought to be better. School as an educational environment is a solid foundation in the process of moral formation. Moral formation requires early habituation because morals can not be formed in a short time. The existence of the role of education, especially schooling education will be very helpful in the formation of the main person. For that MI Fattahul Huda as one of the educational institutions play an active role in maintaining and guarding the moral development of students. They teachers and school residents have their own way to guide the morals of learners so as to form noble character as aspired together.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-03-06

Issue

Section

Artikel