BIOLITA (BIOgas Limbah CaIr TAhu) Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat di Dusun Dempok, Desa Grogol Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang dalam Bidang Energi Terbarukan

Fitriana Nur Suhailah, Anisa Mu’asomah, Latifatur Rosyidah, Ahmad Al Amin

Abstract

Program BIOLITA (BIOgas Limbah caIr TAhu) bertujuan untuk memanfaat limbah cair hasil bungan produksi tahu sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Desa di Bidang Energi Terbarukan. Kegiatan ini menargetkan masyarakat yang mempunyai usaha industri tahu, agar tidak membuang limbah cair hasil produksi tahunya ke sungai, malainkan memanfaatkan limbah tersebut menjadi biogas. Hal tersebut dapat mengurangi dampak pencemaran air sungai sekaligus juga dapat menghemat energi gas (LPG) karenaa dapat digunakan sebagai memasak.
Metode yang dilakukan dalam rencana kegiatan meliputi penyusunan proposal, pendataan, pengamatan, penyusunan jadwal kegiatan, permohonan izin pelaksanaan kegiatan, penyusunan teknisi dan pengambilan tempat yang hendak dijadikan sebagai penilaian dalam kegiatan.
Harapan dari program yang dilaksanakan ini yaitu agar masyarakat terutama masyarakat industri tahu mampu membuat dan mengembangkan hasil biogas yang telah dilakukan. Sehingga makin banyak masyarakat industri lain yang memanfaatkan hasil penelitian tersebut. Dengan demikian, maka akan mengurangi pencemaran air sungai serta krisis energi di masyarakat.
Kata Kunci : Proses Pembuatan BIOLITA, Penerapan BIOLITA, Luaran, Hasil

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.