PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA TEKNIK DENGAN PENERAPAN MODEL TUTOR SEBAYA MAHASISWA SEMESTER II JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS HASYIM ASY’ARI

Humaidillah Kurniadi Wardana

Abstract

Abstrak: Telah dilakukan penelitian berkenaan dengan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus sampai indikator keberhasilan terpenuhi. Penelitian tindakan kelas ini difokuskan pada mahasiswa semester 2 Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Hasyim Asy’ari yang berjumlah 2 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya pembelajaran pada siklus I menggunakan model tutor sebaya, didapatkan persentase hasil aktivitas belajar siklus I adalah 66,6%. Hasil belajar pada siklus I dilihat dari nilai rata-rata pre tes sebesar 50 dengan persentase ketuntasan 50%, nilai rata-rata pos tes sebesar 90 dengan persentase ketuntasan 90% dan nilai rata-rata tugas 30 dengan persentase ketuntasan 0%. Rendahnya kualitas pembelajaran siklus I pada pre tes disebabkan masih ada mahasiswa yang hadir. Pembelajaran pada siklus II menggunakan model tutor sebaya. Aktivitas belajar pada siklus II adalah 88%. Rata-rata nilai pre tes siklus II adalah 30 dengan persentase ketuntasan 0%, nilai rata-rata pos tes sebesar 80 dengan persentase ketuntasan 80% dan nilai rata-rata tugas 36,5 dengan persentase ketuntasan 0% Kata kunci: Aktivitas, Hasil, Tutor sebaya Abstract: Research has been conducted with regard to the class action research (classroomaction research). This research was conducted in two cycles until the indicators of success are met. Class action research is focused on students semester 2 study Program Electrical Engineering Faculty of Engineering University of Hasyim Asy’ari that add up to 2 people. The results showed that the learning cycle model I use peer tutors, obtained the percentage yield learning activities cycle I is 66.6%. ,The results of the study on cycle I seen from the average value of the pre-wedding tests of 50 thoroughly 50%, the average rating of 90 test post with thoroughly percentage of 90% and an average rating of task 30 with thoroughly percentage 0%. Poor quality of the learning cycle I in pre test caused still some students who attend. Study on the cycle of peer tutors using a model II. Learning activities on cycle II is 88%. The average value of the pre-wedding test cycle II was 30 with thoroughly percentage 0%, the average value of the post test of 80 with thoroughly percentage of 80% and an average rating of task 36.5 with thoroughly percentage 0% Key Word: Activities, The Results, Peer Tutors

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.