MOBILITAS SOSIAL MASYARAKAT TERDAMPAK PEMBANGUNAN BANDARA DI DESA TAROKAN KABUPATEN KEDIRI

  • Mohammad Muhyidin IAIN Kediri
  • Iwan Marwan IAIN Kediri

Abstract

Abstract: The airport construction project in Kediri is one of the biggest factors of social change in the community in Tarokan District, Kediri Regency. The land price bid made by this private company is very high. This study aims to determine the social changes in lifestyle and mindset of the people in Tarokan District and its surroundings in their daily life. This research uses social change theory of Gilin and Gillin, theory of lifestyle of Minor and Mowen, Dweck's mindset theory and  Berger's social class theory. The method used in this research is a mixed method. Qualitative data collection was carried out by conducting in-depth interviews, observations, and FGDs. Meanwhile, quantitative data collection was done by filling out questionnaires. The results of this study are the existence of changes in social, suach as social class, lifestyle, and the mindset of the people affected by land acquisition at Kediri airport. The lifestyle adopted by the affected community is a modern lifestyle, a thrifty lifestyle, a healthy lifestyle, and a hedonistic lifestyle. The mindset possessed by most of the affected communities is a static mindset and only few affected people have a dynamic mindset. The static mindset of the community can be seen from the principle of land swaps and the spending of money from airport land acquisition to buy material things such as houses, cars and motorbikes for personal interest.

Keywords: Social Change, Lifestyle, Mindset

 

 

Abstrak: Proyek pembangunan bandara di Kediri menjadi salah satu faktor terbesar perubahan sosial pada masyarakat di Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri. Penawaran harga lahan yang dilakukan oleh perusahaan swasta tersebut sangat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan sosial gaya hidup dan pola pikir masyarakat di Kecamatan Tarokan dan sekitarnya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan teori perubahan sosial Gilin dan Gillin, teori gaya hidup Minor dan Mowen, teori pola pikir Dweck, serta teori kelas sosial oleh Berger. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi. Pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan cara melakukan wawancara mendalam, pengamatan, dan FGD. Sedangkan pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan cara pengisian kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah adanya perubahan sosial, kelas sosial, gaya hidup, dan pola pikir masyarakat terdampak pembebasan lahan bandara Kediri. Gaya hidup yang diterapkan oleh masyarakat terdampak adalah gaya hidup modern, gaya hidup hemat, gaya hidup sehat, serta gaya hidup hedonis. Pola pikir yang dimiliki oleh sebagian besar masyarakat terdampak adalah pola pikir statis dan sebagian kecil masyarakat terdampak berpola pikir dinamis. Pola pikir statis masyarakat terlihat dari prinsip tukar guling lahan serta pembelanjaan uang hasil pemebasan lahan bandara untuk membeli hal-hal kebendaan seperti rumah, mobil, dan motor untuk kepentingan pribadi.

Published
2021-03-02
Section
Artikel