FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA INTERFERENSI BAHASA INDONESIA TUTURAN MAHASISWA THAILAND PADA PEMBELAJARAN PPL DASAR DI UNIVERSITAS HASYIM ASY’ARI

Authors

  • Siti Mariana Ulfa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy'ari
  • Udjang Pairin M. Basir Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya
  • Yulianah Prihatin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/disastri.v2i1.876

Keywords:

Penyebab, Interferensi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya interferensi Bahasa Indonesia
yang terjadi pada mahasiswa Thailand saat praktik mata kuliah PPL di Universitas Hasyim Asy’ari.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan
teknik observasi, teknik merekam audio visual dengan menggunakan CCTV di ruang praktik, dan teknik
mencatat. Untuk mendapatkan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi data, peningkatan
penekunan dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Adapun proses analisis datanya yaitu
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Kebanyakan pada tuturan mahasiswa
Thailand sering terjadi interferensi pada sistem fonologi, dimana mereka masih terbawa oleh bahasa
pertama atau bahasa ibu (B1) yaitu bahasa Melayu. Interferensi pada sistem morfologi serta pada sistem
sintaksis dapat terjadi karena mereka kurang memahami kosa kata dan susunan kalimat pada bahasa
Indonesia yang baik dan benar.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-03-04

How to Cite

Ulfa, S. M., M. Basir, U. P., & Prihatin, Y. (2020). FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA INTERFERENSI BAHASA INDONESIA TUTURAN MAHASISWA THAILAND PADA PEMBELAJARAN PPL DASAR DI UNIVERSITAS HASYIM ASY’ARI. Jurnal Disastri: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 38–44. https://doi.org/10.33752/disastri.v2i1.876