ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DAGING AYAM BURAS MASYARAKAT DESA PUNDONG KECAMATAN DIWEK KABUPATEN JOMBANG

  • Azis Purnomo Universitas Darul 'Ulum Jombang
  • Junaedi Universitas Darul ‘Ulum Jombang
Keywords: analisis faktor, konsumsi, daging ayam kampung

Abstract

Dibanding dengan ayam ras, secara umum ayam buras atau juga dikenal dengan ayam kampung lebih digemari masyarakat karena rasanya lezat alami dan menyehatkan. Daging ayam kampung mempunyai peran penting dalam pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat, karena kaya akan protein, lemak, mineral, dan vitamin yang penting untuk kelancaran proses metabolisme dalam tubuh. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menganalisis berbagai macam faktor (ekonomi dan non-ekonomi) yang mempengaruhi konsumsi daging ayam kampung pada masyarakat Desa Pundong Kecamatan Diwek Kabupaten  Jombang. Analisis yang digunakan adalah menggunakan analisis faktor.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada dua faktor utama yang  mempengaruhi konsumsi daging ayam kampung pada masyarakat Desa Pundong Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang, yaitu (a) faktor ekonomi yang meliputi harga bahan bakar, jumlah anggota keluarga, harga daging ayam kampung dan pendapatan; dan (b) Faktor non-ekonomi yang meliputi selera, tingkat pendidikan, sosial budaya dan pola pangan. Berdasar hasil tersebut maka rekomendasi kebijakan yang terpenting dari penelitian ini adalah bahwa untuk meningkatkan konsumsi daging ayam kampung maka intervensi terhadap harga bahan bakar sangat diperlukan.  

References

Lutfiah, S. 2006. Analisis Perilaku Konsumen Pada Pembelian Daging Ayam di Kabupaten Jember. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Jember. Jember.
Nuroso. 2010. Pembesaran Ayam Kampung Pedaging Hari Per Hari. Penebar Swadaya. Jakarta.
Oskar, Bima. M. Mozart B Darus, Iskandarini. 2013. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Mengkonsumsi Daging Ayam Kampung di Kota Medan. Journal on Social Economic of Agriculturae and Agribusiness Vol 2, No 10.
Sinaga, Alexander. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Daging Ayam Kampung di Kecamatan Siantar Barat Kota Pematang Siantar.Skripsi. Jurusan Agribisnis.Universitas Sumatra Utara. Medan.
Suharyanto, A. A. 2007. Panen Ayam Kampung dalam 7 Minggu Bebas Flu Burung. Penebar Swadaya. Jakarta.
Supranto, J. 2010. Statistik Teori dan Aplikasi. UI Press. Jakarta.
Suryo, T., Yudiarti, T dan Isroli. 2012. Pengaruh Pemberian Probiotik sebagai Aditif Pakan terhadap Kadar Kolestrol, High Density Lipoprotein (HDL) dan Low Density Lipoprotein (LDL) dalam Darah Ayam Kampung. Animal Agriculture Journal 1(2): 228 – 237.
Triyantini, Abubakar, Roswira Sunarlim, dan Hadi Setiyanto. 2000. Mutu Karkas Ayam Hasil Teknik Pemotongan Berbeda. Prosiding Seminar Nasional Peternakan dan Veteriner. Pusat Penelitian Peternakan Bogor. Bogor.
Winarno, F.G. 2004. Kimia Pangan dan Gizi. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Published
2019-12-30
Section
Artikel