ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI MAKANAN GETHUK PISANG KHAS KEDIRI (”Studi Pada Konsumen Yang Membeli Makanan Gethuk Pisang Khas Kediri Di Pertokoan Pusat Oleh-Oleh Jalan Patimura Dan Jalan Kertosono-Kediri”).

Authors

  • Prio Santoso Dosen Fakultas Ekonomi, Prodi Manajemen Universitas Hasyim Asy’ari Tebiureng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.33752/bisei.v4i01.442

Abstract

Makanan khas pasti memiliki ciri khas, di setiap kota pasti mempunyai ciri khas termasuk dalam bidang kulinerpun. Gethuk pisang merupakan salah satu makanan asli kuliner Kediri, dalam 4 tahun terakhir ini Gethuk Pisanglah yang terus mengalamai peningkatan volumen penjualannya. Tujuan Penelitian untuk mengetahui faktor-faktor apa saja dari perilaku konsumen yang terdiri Kelas Sosial, Kelompok Acuan, Keluarga, Situasi, motivasi, pengetahuan, persepsi dalam mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian serta faktor mana yang paling dominan dalam mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian konsumen untuk membeli makanan Gethuk Pisang khas Kediri. Sampel penelitian ini berjumlah 80 responden dengan menggunakan teknik accsidental sampling, dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif dan Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian secara parsial maupun simultan terdapat pengaruh yang signifikan dari faktor-faktor prilaku konsumen yang terdiri Kelas Sosial, Kelompok Acuan, Keluarga, Situasi, motivasi, pengetahuan, persepsi terhadap pengambilan keputusan pembelian konsumen serta faktor pengetahuan konsumen yang memiliki nilai paling dominan dalam mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian konsumen untuk membeli makanan Gethuk Pisang khas Kediri.
Kata Kunci: Faktor Kelas Sosial, Pribadi, Keluarga, Situasi, Motivasi, Pengetahuan, Persepsi, Keputusan Konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-07-06

How to Cite

Prio Santoso. (2019). ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI MAKANAN GETHUK PISANG KHAS KEDIRI (”Studi Pada Konsumen Yang Membeli Makanan Gethuk Pisang Khas Kediri Di Pertokoan Pusat Oleh-Oleh Jalan Patimura Dan Jalan Kertosono-Kediri”). BISEI : Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Islam, 4(01). https://doi.org/10.33752/bisei.v4i01.442

Issue

Section

Artikel