ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI MAKANAN GETHUK PISANG KHAS KEDIRI (â€Studi Pada Konsumen Yang Membeli Makanan Gethuk Pisang Khas Kediri Di Pertokoan Pusat Oleh-Oleh Jalan Patimura Dan Jalan Kertosono-Kediriâ€).
DOI:
https://doi.org/10.33752/bisei.v4i01.442Abstract
Makanan khas pasti memiliki ciri khas, di setiap kota pasti mempunyai ciri khas termasuk dalam bidang kulinerpun. Gethuk pisang merupakan salah satu makanan asli kuliner Kediri, dalam 4 tahun terakhir ini Gethuk Pisanglah yang terus mengalamai peningkatan volumen penjualannya. Tujuan Penelitian untuk mengetahui faktor-faktor apa saja dari perilaku konsumen yang terdiri Kelas Sosial, Kelompok Acuan, Keluarga, Situasi, motivasi, pengetahuan, persepsi dalam mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian serta faktor mana yang paling dominan dalam mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian konsumen untuk membeli makanan Gethuk Pisang khas Kediri. Sampel penelitian ini berjumlah 80 responden dengan menggunakan teknik accsidental sampling, dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif dan Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian secara parsial maupun simultan terdapat pengaruh yang signifikan dari faktor-faktor prilaku konsumen yang terdiri Kelas Sosial, Kelompok Acuan, Keluarga, Situasi, motivasi, pengetahuan, persepsi terhadap pengambilan keputusan pembelian konsumen serta faktor pengetahuan konsumen yang memiliki nilai paling dominan dalam mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian konsumen untuk membeli makanan Gethuk Pisang khas Kediri.
Kata Kunci: Faktor Kelas Sosial, Pribadi, Keluarga, Situasi, Motivasi, Pengetahuan, Persepsi, Keputusan Konsumen.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ini adalah sebuah jurnal akses terbuka, yang berarti bahwa semua konten yang tersedia secara bebas tanpa biaya kepada pengguna atau / nya lembaganya. Pengguna yang diizinkan untuk membaca, download, menyalin, mendistribusikan, cetak, mencari, atau link ke teks lengkap dari artikel, atau menggunakannya untuk tujuan yang sah lainnya, tanpa meminta izin terlebih dahulu dari penerbit atau penulis.
This is an open access journal, which means that all content is freely available without charge to the user or his/her institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of the articles, or use them for any other lawful purpose, without asking prior permission from the publisher or the author.