ANALISIS SWOT GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN PAKAN TERNAK JABFEED PADA UNIT SAPRONAK KAN JABUNG KABUPATEN MALANG

  • Lely Purwanti Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah
  • Lailatus Sa’adah Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah
  • Chirul Anam Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah

Abstract

Koperasi Agro Niaga Jabung (KAN Jabung) merupakan salah satu koperasi yang berlokasi di Desa Kemantren, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Koperasi ini selain bergerak di bidang usaha pengolahan susu sebagai bisnis inti, juga mengelola bisnis penunjang lain, salah satunya usaha pakan ternak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran dengan analisis SWOT berdasarkan lingkungan internal dan eksternal guna meningkatkan penjualan pakan ternak JabFeed pada Unit Sapronak KAN Jabung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT dengan matrik IFAS, EFAS, dan Matrik SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui analisis SWOT berdasarkan kondisi saat ini, strategi yang dapat diterapkan pada KAN Jabung adalah strategi mendukung kebijakan pertumbuhan melalui integrasi vertikal agar dapat memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan yang baik, memaksimalkan penggunaaan mesin produksi untuk meminimalisir konsentrat out of stock, dan meningkatkan perluasan pangsa pasar.
Kata kunci: Matrik IFAS, Matrik EFAS, Matrik SWOT.

Published
2019-07-06
Section
Artikel