PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI BATAM

Dian Efriyenti

Abstract

Abstract This study is expected for accounting students to be confident that affects empathy, because students who have high confidence will be easy to empathize with others. The sign of a student understanding of accounting is not only shown from the values obtained in the course but also if the student is to follow and be able to master the concepts related, accounting science that has been acquired so far can be applied in social life or in other words in practice the world of work. Research sample at University of Riau Islands, University of Batam and International University of Batam amounted to 82 respondents. The results showed the results of emotional intelligence and learning behavior partially and simultaneously affect the level of understanding of accounting. While confidence moderate the relationship between emotional intelligence with the level of understanding of accounting, but not significant with t arithmetic results obtained - 1.029 greater than t table -1,990, or Sig value 0.307> 0.05. Confidence moderates the relationship between learning behavior with the level of understanding of accounting, but not significant.
Keywords: Emotional Intelligence, Learning Behavior, Level of Understanding Accounting, Self Confidence.
Abstrak Penelitian ini diharapkan agar mahasiswa akuntansi menjadi percaya diri yang mempengaruhi empati, karena siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi akan mudah berempati dengan orang lain. Tanda pemahaman mahasiswa akuntansi tidak hanya ditunjukkan dari nilai-nilai yang diperoleh dalam mata kuliah tetapi juga jika siswa tersebut mengikuti dan dapat menguasai konsep-konsep terkait, ilmu akuntansi yang telah diperoleh selama ini dapat diterapkan dalam kehidupan sosial atau dengan kata lain dalam praktek dunia kerja. Sampel penelitian di Universitas Kepulauan Riau, Universitas Batam dan Universitas Internasional Batam berjumlah 82 responden. Hasil penelitian menunjukkan hasil kecerdasan emosional dan perilaku belajar secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Sedangkan kepercayaan memoderasi hubungan antara kecerdasan emosional dengan tingkat pemahaman akuntansi, tetapi tidak signifikan dengan hasil t hitung diperoleh - 1,029 lebih besar dari t tabel -1,990, atau nilai Sig 0,307> 0,05. Keyakinan memoderasi hubungan antara perilaku belajar dengan tingkat pemahaman akuntansi, tetapi tidak signifikan.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan Diri

Keywords

Kecerdasan Emosional; Perilaku Belajar; Tingkat Pemahaman Akuntansi; Kepercayaan Diri

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.