Efektivitas Penggunaan E-Commerce Sebagai Strategi Berwirausaha Pedagang Kaki Lima Di Jombang

Authors

  • Cahyo Tri Atmojo STKIP PGRI Jombang

DOI:

https://doi.org/10.33752/bisei.v7i1.2695

Keywords:

E-Commerce, Sales Strategy, Street Vendors, Effectiveness

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara detail tingkat efektifitas penggunaan e-commerce sebagai strategi pengembangan pedagang kaki lima di jombang kota. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan pendekatan kualitatif (deskriptif dan menggunakan analisis). Penelitian dilakukan di Daerah jombang kota  dengan melibatkan 3 pedagang kaki lima yang menggunakan aplikasi e-commerce didaerah sekitar jombang kota. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik survey dengan memberikan beberapa pertanyaan terkait masalah-masalah yang dialami oleh para pedagang kaki lima..

Sumber data kami peroleh melalui wawancara baik itu secara daring maupun langsung. Adapun teknik analisis data yang kami gunakan dalam penelitian ini adalahdata sekunderberupa hasil-hasil penelitian dari berbagai artikel, juga sumber pustaka dan dokumen serta kalimat penjabaran dari berbagai jawaban subjek penelitian yang dilakukan dengan wawancara narasumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. Penggunaan e-commerce sebagai strategi pengembangan pedagang kaki lima berpengaruh besar terhadap tingkat penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Haryono, S., & Nurlaela. (2018). Efektifitas Penggunaan Media E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Umkm Depok Dilihat. 152–158.
Deriani, N. W. (n.d.). Analisis Perancangan E-Commerce Sistem Penjualan. 104–111.
Hasanah, N., Nugroho, L. E., & Nugroho, E. (2016). Analisis Efektivitas Iklan Jejaring Sosial sebagai Media Promosi Menggunakan EPIC Model. Scientific Journal of Informatics, 2(2), 99. https://doi.org/10.15294/sji.v2i2.5075
Idah, Y. M., & Pinilih, M. (2020). Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers “Pengembangan Sumber Daya Pedesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX,” 9(1), 195–204.
Maya, S. (2016). Strategi Peningkatan Penjualan Usaha Kecil Menegah Melalui E- Commerce Studi Kasus : Mitra UKM Perusahaan X. JABE; Journal of Applied Business and Economics, Vol.2,(No.3, Maret 2016), 271–279.
Mumtaha, H. A., & Khoiri, H. A. (2019). Analisis Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 Pada Perilaku Masyarakat Ekonomi (E-Commerce). JURNAL PILAR TEKNOLOGI : Jurnal Ilmiah Ilmu Ilmu Teknik, 4(2), 55–60. https://doi.org/10.33319/piltek.v4i2.39
Oktaviani, W. F., & Fatchiya, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi Wisata Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(1), 13–27. https://doi.org/10.46937/17201926586
Rakanita, A. M. (2019). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Jurnal Ekbis, 20(2), 1280. https://doi.org/10.30736/ekbis.v20i2.237
Syahab, A. (2018). Analisis Sistem E-Commerce Pada Perusahaan Marketplace Mobile Shopee Indonesia. 565–569.
Viona, V., Yohanes, K., Steffanie, L., & Wijaya, M. (2021). Narasi Shopee Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi E-Commerce Di Era Modern. I(2).

Downloads

Published

2022-06-06

How to Cite

Atmojo, C. T. (2022). Efektivitas Penggunaan E-Commerce Sebagai Strategi Berwirausaha Pedagang Kaki Lima Di Jombang. BISEI : Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Islam, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.33752/bisei.v7i1.2695

Issue

Section

Artikel