PERANAN BUSINESS CENTER DI SMK DALAM MENANAMKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN

Authors

  • Lilis Sugi Rahayu N Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/bisei.v2i2.268

Keywords:

Kontribusi Business Center, SMK, Jiwa Kewirausahaan

Abstract

Abstract: The concept of this research is to examine the role of business center in investing entrepreneurship soul in the students. The purpose of this study is to know the role of business center in investing the entrepreneurship soul in students through entrepreneurial learning activities, business activities, and constraints faced in managing business center in their school. This is a qualitative method by using case study so that it describes the focus of research. The results show some contributions of the business center. First, bussines center as a learning media for students such as student entrepreneurship activity. Second, it can help alumnus to do entrepreneurship through practicum activities that grow their entrepreneurship soul which is self-confident, responsible and honest, patient and diligent, and thinking for the future. Then for students who have less maximal in growing their enterpreunership soul, they can get personality such as never give up and dare to take risks, creative and innovative, and dare to lead. Third, the contribution of business center in helping Vocational High School students to run business-oriented learning activities through entrepreneurship practicum activities. The constraints in managing the business center is these activities require much attention that adjusts students’ talents and interests.
Keywords: Contributions, SMK, Spirit of Entrepreneurship

ABSTRAK: Konteks penelitian ini untuk meneliti peranan business center dalam menanamkan jiwa kewirausahaan pada siswa sesuai Panduan Pelaksanaan Business Center (2009). Sehingga, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan business center dalam menanamkan jiwa kewirausahaan pada siswa melalui aktivitas pembelajaran kewirausahaan, aktivitas bisnis, dan kendala-kendala yang dihadapi dalam mengelola business center di SMK. Metode yang yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan studi kasus untuk menjabarkan fokus penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus untuk memfokuskan kajian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi business center yaitu, pertama. sebagai media pembelajaran bagi siswa seperti kegiatan praktikum kewirausahaan siswa, Kedua, membantu lulusan SMK untuk berwirausaha melalui kegiatan praktikum yang menanamkan jiwa kewirausahaan pada siswa, yaitu percaya diri, bertanggungjawab dan jujur, sabar dan tekun, dan berpikir untuk masa depan. Kemudian yang kurang maksimal dalam menanamkan jiwa kewirausahaan yaitu, pantang menyerah dan berani mengambil risiko, kreatif dan inovatif, dan berani memimpin. Ketiga, kontribusi business center dalam membantu siswa SMK untuk menjalankan kegiatan pembelajaran yang berorientasi bisnis melalui kegiatan praktikum kewirausahaan. Selanjutnya kendala-kendala yang dihadapi dalam mengelola business center, yaitu kegiatan pembelajaran kewirausahaan memerlukan perhatian yang menyesuaikan dengan bakat dan minat siswa.
Kata kunci: Kontribusi Business Center, SMK, Jiwa Kewirausahaan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

How to Cite

Rahayu N, L. S. (2018). PERANAN BUSINESS CENTER DI SMK DALAM MENANAMKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN. BISEI : Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Islam, 2(2). https://doi.org/10.33752/bisei.v2i2.268

Issue

Section

Artikel