Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Pemakaian Metode Periodik Pada UD. Pusaka Bakti

Metode Periodik

Authors

  • Santi Arafah Universitas Potensi Utama

DOI:

https://doi.org/10.33752/bisei.v7i1.2611

Keywords:

Waktu, Sistematika Penyusunan Anggaran, Kestabilan Harga, Metode Periodik

Abstract

UD. Pusaka Bakti merupakan usaha dagang yang berdiri sejak tahun 1972 dengan  mengembangkan usahanya dari sabuk kelapa dan menghasilkan coco peat, keset kaki, sapu, brush, dan matras. UD. Pusaka Bakti mengalami kesulitan dalam pencatatan barang sehingga menerapkan metode periodik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh waktu, sistematika penyusunan anggaran dan kestabilan harga terhadap pemilihan pemakaian metode periodik di UD. Pusaka Bakti. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 50 responden dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini secara simultan variabel waktu, sistematika penyusunan dan kestabilan harga berpengaruh terhadap pemilihan pemakaian metode periodik dimana, terlihat dari bahwa sig adalah  0,000 < 0,05 atau F hitung > F tabel yaitu 99,166 > 2,807. Sedangkan secara parsial waktu dan sistematika penyusunan anggaran berpengaruh secara positif terhadap pemilihan pemakaian metode periodik, namun variabel kestabilan harga tidak mempengaruhi pemilihan pemakaian metode periodik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilia, N. M., Baidlowi, I., & Dwihandoko, T. H. (2020). ANALISIS PERHITUNGAN PERSEDIAAN DENGAN METODE FIRST IN FIRST OUT (FIFO), LAST IN FIRST OUT (LIFO) DAN AVERAGE PADA UKM MEGAH SANDAL MOJOKERTO TAHUN 2020. Universitas Islam Majapahit.
Arafah, S., & Sembiring, E. A. (2018). Analisis Pengaruh Kepuasan Dengan Pemakaian Metode Perpektual Terhadap Penggunaan Aplikasi Quickbooks Accounting System (Studi Kasus UD. Rizky assila ULFA). Bisei: Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Islam, 3(2).
ARAFAH, S., & TANJUNG, Y. (2019). Analisis Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Pemakaian Metode Jit (Studi Kasus UD. Pusaka Bakti). Bisei: Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Islam, 4(01).
Barlian, E. (2018). Metodologi penelitian kualitatif & kuantitatif.
Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode penelitian kuantitatif aplikasi dalam pendidikan. Deepublish.
Janie, D. N. A. (2012). Statistik deskriptif & regresi linier berganda dengan SPSS. Jurnal, April.
Karongkong, K. R., Ilat, V., & Tirayoh, V. Z. (2018). Penerapan Akuntansi Persediaan Barang Dagang Pada Ud. Muda-Mudi Tolitoli. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 13(02).
Makisurat, A., Morasa, J., & Elim, I. (2014). Penerapan Sistem Pengendalian Intern Untuk Persediaan Barang Dagangan Pada CV. Multi Media Persada Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(2).
Manengkey, N. (2014). Analisis Sistem Pengendalian Intern Persediaan Barang Dagang Dan Penerapan Akuntansi Pada Pt. Cahaya Mitra Alkes. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3).
Martono, N. (2010). Metode penelitian kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (sampel halaman gratis). RajaGrafindo Persada.
Nugraha, B. (2022). Pengembangan Uji Statistik: Implementasi Metode Regresi Linier Berganda dengan Pertimbangan Uji Asumsi Klasik. Pradina Pustaka.
Pramesti, G. (2015). Kupas tuntas data penelitian dengan SPSS 22. Elex Media Komputindo.
Sembiring, E. A. (2019). Pengaruh Metode Pencatatan Persediaan Dengan Sisitem Periodik Dan Perpetual Berbasis Sia Terhadap Stock Opname Pada Perusahaan Dagang Di Pt Jasum Jaya. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 69–77.
Sujarweni, V. W. (2016). Kupas tuntas penelitian akuntansi dengan SPSS. Yogyakarta: Pustaka Baru Pers.
Tamodia, W. (2013). Evaluasi penerapan sistem pengendalian intern untuk persediaan barang dagangan pada PT. Laris Manis Utama Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3).
Unaradjan, D. D. (2019). Metode penelitian kuantitatif. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.
Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Arafah, S. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Pemakaian Metode Periodik Pada UD. Pusaka Bakti: Metode Periodik. BISEI : Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Islam, 7(1), 61–74. https://doi.org/10.33752/bisei.v7i1.2611

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)