GERAKAN FURUDHUL AINIYAH (GEFA) DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Negeri 10 Jombang)

Jurnal Ilmu Pendidikan

  • Ziyanatul Waladah
  • Nur Azah
Keywords: Furudhul Ainiyah Movement, Students character

Abstract

This article aims to discuss the Furudhul Ainiyah Movement (GEFA) program as a madrasa effort to shape student character. This case studythis research focuses on the application of GEFA in building student character, evaluating the application of GEFA, and supporting and inhibiting factors of GEFA. The results showed that 1) the implementation of the GEFA program was carried out by storing individual students' memorization and practicing worship, 2) evaluation is carried out using a list of assessments according to madrasah standards, and completeness is used as a requirement for students to take semester assessment, 3) Supporting factors are the support for the madrasah organizational structure, facilities and infrastructure, and positive responses from various parties, while inhibiting factors are communication and cooperation with outsiders that are not optimal, the quality of Human Resources (HR) is lacking and professionalism in carrying out their duties, the lack of intrinsic motivation for students to read and memorize Al-Qur'an.

References

Kementerian Republik Indonesia. Mushaf Aisyah, Al-Qur’an Al-Karim. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Ainissyifa, Hilda. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 2014.

Anwar, Syaiful. Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Bangsa”. Al-Tadzkiyah. Vol.7. November, 2016.

Asy’ari, Hasyim. Pendidikan Karakter Khas Pesantren (Adabul ‘Alim wal Muta’allim). terj. Rosidin. Cet. 1; Tanggerang: Tira Smart, 2017.

Damara, Doni. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Tulungagung: IAIN Tulungagung, 2015.

Darmadi, Hamid. Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggungjawab menjadi Guru Profesional”. Jurnal Edukasi. 1. Desember, 2015.

Hamid. Abd. “Implementasi Materi Standar Kecakapan Ubudiyah Dan Akhlakul Karimah (SKUA) Dalam Membentuk Spiritual Quotient Peserta Didik”, Jurnal Keislaman Pendidikan dan Ekonomi, 1, (Oktober, 2019), hal. 109

Kurniawan, Syamsul. Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Mahbubi, M. Pendidikan Karakter: Implementasi Aswaja Sebagai Nilai Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2012.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Ningsih, Tutuk. “Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Revolusi Industri 4.0 pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas”. Jurnal Insania. 2. Desember, 2019.

Oktaviandy, Navel. “Pengertian Evaluasi, Pengukuran, dan Penilaian dalam Dunia Pendidikan”. https://navelmangelep.wordpress.com/2012/02/14/pengertian-evaluasi-pengukuran-dan-penilaian-dalam-dunia-pendidikan/, diakses tanggal 12 Mei 2020.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Pdf.

Raharjo, Mudjia. Metode Pengumpulan Data Kualitatif, www.mudjiaraharjo.uin-malang,ac,id/materi-kuliah,html. Diakses 13 Mei 2020.

Rofi’ah, Khozinatul. Implementasi Standar Kecakapan ‘Ubūdiyah Dan Akhlāqul Karīmah Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa. Skripsi. Ponorogo: IAIN Ponorogo, 2018.

Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain SistemPembelajaran. Cet. 6; Jakarta: Kencana, 2013.

Hubberman, A. Micahel. Data Manajement and Analysis Method, dalam Norman K. Densin dan Yvona S. Limcoln (Edit), (London: Sage Publication, 1994)

Miles, Matthew B. Analisa Data Kualitatif, Penerjemah, Rohidi, R.T, (Jakarta, UI Press, 1992)

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sukmadinata. Nana Syaodaih. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Sulistiawati. “Penguatan Pendidikan Agama Islam Melalui Hafalan Furudhul Ainiyah Di SMP Nurul Jadid Paiton”. Jurnal Pendidikan Agama Islam Edureligia. 2. Desember, 2017.

Syarbini, Amirulloh. Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga: Studi tentang Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga Perspektif Islam. Cet. 1; Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.

Tanzeh, Ahmad. Metodologi Penelitian Pratis, Yogyakarta: Teras, 2011.

Tim Penyusun. Buku Panduan, Khusus Program Geramm: Gerakan Ayo Membangun Madrasah. Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, 2019.

Published
2020-09-22