PENGEMBANGAN MATERI PAI MELALUI PENGAYAAN DENGAN BERBAGAI SUMBER BELAJAR

Authors

  • Siti Khoirun Nisak - IAIN Tulungagung

Keywords:

Islamic Education Materials, Enrichment, Learning Resources

Abstract

In Islamic Education learning, the demands of the curriculum require students not only to master theoretical information but how this information can be developed according to the needs of the area and environment in which students live. By paying attention to the principles of individual differences (initial abilities, intelligence, personality, talents, potential, interests, motivation to learn, learning styles), the enrichment program is carried out to fulfill children's needs. Educators to develop Islamic Education materials should use several kinds of learning resources in this enrichment according to the situation at hand, and be adjusted to the costs or economic conditions of the educators themselves and students so that they run continuously and not be burdensome in the future.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Iif Khoiru dan Sofan Amri. Pengembangan & Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya, 2014.
Ana Reidati, “Pengembangan Buku Pengayaan Cara Menulis Teks Penjelasan Bermuatan Nilai Budaya Lokal untuk Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar” dalam Seloka Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Semarang, ISSN 2301-6744, 2015.
Ananda Hadi Elyas, “Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran” dalam Jurnal Warta Edisi: 56 Universitas Dharmawangsa, April 2018.
Armalia Febrinita, Holilulloh, Yunisca Nurmalisa, “Pengaruh Pembelajaran Pengayaan Berbentuk Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Kreativitas Siswa Kelas VII dan VIII SMP Tunas Harapan Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013” dalam Jurnal Universitas Lampung, 2013.
Asrul, Rusydi Ananda, Rosnita. Evaluasi Pembelajaran. Medan: Citapustaka Media, Cet II. 2015.
Bagus Mahardika, “Penerapan Metode Penilaian Berbasis Portofolio Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia” dalam Elementary, Vol. 4 Edisi Januari-Juni, 2018.
Bunyamin. Implementasi Strategi Pembelajaran Nabi Muhammad Saw. Jakarta Selatan: Uhamka Press, 2017.
Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. Belajar & Pembelajaran: Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras, 2012.
Fenty Eka M. Agustin, Ardini Fitria, dan Anif Hanifa, “Implementasi Algoritma K-Means untuk Menentukan Kelompok Pengayaan Materi Mata Pelajaran Ujian Nasional (Studi Kasus: SMP Negeri 101 Jakarta)” dalam Jurnal Teknik Informatika, Vol 8, No. 1, April 2015. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIIS/index
I Wayan Aryawan, “Peningkatan Kualitas Pelayanan Pendidikan Melalui Optimalisasi Penerapan Manajemen Peserta Didik” dalam Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, Volume 5, Number 1, Juni 2019.
Iwan Falahudin, “Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran” dalam Jurnal Lingkar Widyaiswara, Edisi 1 No. 4, Oktober – Desember 2014. www.juliwi.com
Khamim Zarkasih Putro, “Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja”, dalam APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, Volume 17, Nomor 1, 2017. http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/aplikasia
Masbur, “ Remidial Teaching Sebagai Suatu Solusi: Suatu Analisis Teoritis” dalam Jurnal Ilmiah Didaktika, ISSN 1411 – 612x, Vol. XII No. 2, Februari 2012.
Muya Barida, “Pengembangan Perilaku Anak Melalui Imitasi” dalam Jurnal CARE Edisi Khusus Temu Ilmiah, Vol.03 No.3, Maret 2016.
Nurma Izzati, “Pengaruh Penerapan Program Remedial dan Pengayaan Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa” dalam EduMa, Vol.4 No.1 Juli 2015.
Samsinar S., “Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran” dalam Didaktika: Jurnal Kependidikan, Fakultas Tarbiyah IAIN Bone, Vol. 13, No. 2, Desember 2019.
Suhirman, “Pengelolaan Sumber Belajar dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik” dalam Al Fitrah Journal of Early Childhood Islamic Education, Vol.2 No.1 Juli 2018.
Sujarwo, Fitta Ummaya Santi, Tristanti, Pengelolaan Sumber Belajar Masyarakat 2018.http://staffnew.uny.ac.id/upload/198703282014042002/pendidikan/1.%20PENGELOLAAN%20SUMBER%20BELAJAR%20MASYARKAT.pdf.
Supriadi, “Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran” dalam Lantanida Journal, Vol. 3 No. 2, 2015.
Thobroni, M. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.
Winarti, Wijianto, Winarno, “Analisis Sumber Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Kartasura” dalam Educitizen, Vol. 3 No. 1 Mei 2018.
Wiyani, Novan Ardy. Desain Pembelajaran Pendidikan: Tata Rancang Pembelajaran Menuju Pencapaian Kompetensi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Sri Hayati. Belajar & Pembelajaran berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia, 2017.

Published

2021-03-23