PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PELAJARAN SENI BUDAYA MENUJU MADRASAH INSPIRARIF BATIK

Authors

  • Nur ‘Azah 1Unhasy Tebuireng Jombang, FAI, MPI
  • Mutrofin MTsN 17 Jombang

Keywords:

Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Seni Budaya, Madrasah Inspiratif Batik

Abstract

Penelitian bertujuan menemukan pengelolaan madarasah berciri khas budaya, solusi pendidikan unik, efektif,
efisien dan kontinyu melalui pembelajaran CTL. Inovasi pendidikan pada komponen aspek: kurikulum,
pembelajaran, pengelolaan dan manajemen, dan evaluasi. Sebutan madrasah inspiratif merupakan upaya
lembaga pendidikan dengan indikator: kreatifitas, kekhasan, karya produk orisinil, bermanfaat, berhasil guna,
dan berimbas, pemanfaatan lingkungan, tercapai visi misi lembaga, yaitu: program inspiratif terencana,
pengorganisasian jelas, tupoksi dipahami dan dilaksanakan. Evaluasi dasar tindak lanjut program. Penelitian
menggunakan metode kualitatif deskriptif, data latar alami, sumber data langsung dari guru Seni budaya, komite,
kepala madrasah dan wali siswa. Pengecekan keabsahan: kredibilitas, transfermabilitas, dependabilitas dan
konfirmabilitas dengan memanfaatkan triangulasi sebagai pengecekan keabsahan temuan penelitian. Hasil
penelitian ini memberikan konstribusi kepada output siswa melalui metode pembelajaran CTL akan lebih
bermakna, lebih produktif, menguatkan konsep, menumbuhkan rasa ingin tahu, bekerja sama teman sebaya, bisa
menganalisis pembelajarannya sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-25

How to Cite

‘Azah, N. ., & Mutrofin. (2020). PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PELAJARAN SENI BUDAYA MENUJU MADRASAH INSPIRARIF BATIK. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 4(1). Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/1394