PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER ECOLITERACY MAHASISWA

Authors

  • Laily Masruroh PAI, FAI, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Iva Inayatul Ilahiyah PAI, FAI, Universitas Hasyim Asy’ari

Keywords:

PjBL, SBDP, Ecoliteracy

Abstract

Pembelajaran abad 21 menekankan pada capaian kecakapan pebelajar yang meliputi kecakapan
berkomunikasi, berkolaborasi, berfikir kritis dan memberikan solusi masaalah serta kreatif dan inovatif.
Salah satu model pembelajaran yang kiranya memenuhi syarat tercapainya pembelajaran abad 21 terebut
adalah Project based learning (PjBL). Pemahaman mengenai ecoliteracy harus dimulai sejak dini.
Penanaman sikap ramah lingkungan merupakan sikap yang harus dimiliki setiap individu. Individu yang
memiliki kesadaran mengenai lingkungan akan dapat menselaraskan perkembangan pembangunan
dengan lingkungan,sehingga tercipta lingkungan yang harmonis antara masyarakat dan lingkungan.
Proses penanaman nilai ini bisa berlangsng di lingkungan pendidikan melalui proses pembelajaran di
kelasPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter ecoliteracy mahasiswa pada pembelajaran Seni
Budaya dan Prakarya di kelas. Penelitian ini merupakan peneltiian tindakan kelas yang dilakukan dengan
dua siklus. Setiap siklus terdidiri dari proses perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan
refleksi. Pada penelitian ini akan menggunakan teknik analiisi deskriptif kualtatif. Penelitian ini
diharapkan dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran dan kepekaan kepada
lingkungan serta kretaifitas mahasiswa dnegan memelihara lingkungan melalui seni dan karya serta dapat
membantu meningkatkan kualitas SDM mahasiswa untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa sebagai
calon guru

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-11-25

How to Cite

Masruroh, L. ., & Ilahiyah, I. I. . (2020). PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER ECOLITERACY MAHASISWA. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 4(1). Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/1362