PEMANFAATAN APLIKASI “KAHOOT” PADA EVALUASI KETRAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB DI MI AL ADNANI KAYANGAN DIWEK JOMBANG

Authors

  • Lailatul Qomariyah Pendidikan Bahasa Arab, fakultas,Agama Islam, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Abdul Qodir Pendidikan Bahasa Arab, fakultas,Agama Islam, Universitas Hasyim Asy’ari

Keywords:

Kahoot, Ketrampilan Menulis, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi “kahootâ€pada evaluasi ketrampilan menulis bahasa arab di MI Al Adnani Kayangan Diwek Jombang dan apa kelebihan dan kekurangan pemanfaatan aplikasi ini pada pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kualitatif berjenis studi kasus. Data penelitian ini berupa kegiatan pemanfaatan guru pada aplikasi tersebut dalam kegiatan pembelajaran. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara. Peneliti menganalisa data dengan model interaktif. Hasil dari penelitian ini yaitu pertama, Pemanfaatan Aplikasi Kahoot oleh Guru
Bahasa Arab Kelas VI MI Al Adnani Kayangan dilakukan pada kegiatan pretest, penilaian pada proses pembelajaran, post test, penguatan materi, remedial, dan pengayaan. Ada dua tahap kegiatan dalam pemanfaatan aplikasi ini yakni tahap kegiatan perencanaan pembelajaran antara lain: 1) Penentuan tujuan penggunaan aplikasi; 2) Penentuan indikator yang ingin dicapai dalam pembelajaran ketrampilan Menulis Bahasa Arab; 3) Pemilihan materi tes sesuai tujuan yang ingin dicapai yang telah ditetapkan pada kurikulum revisi 2014 yakni KMA 183 Tahun 2020; 4) Penentuan jenis tes; 5) Penentuan Jumlah Butir Tes dan Skornya; 6) Pembuatan kisi-kisi soal; 7) Penyusunan Butir Tes; dan 9) Penguploadan butir tes pada aplikasi Kahoot. Dan Tahap pemanfaatan aplikasi ini untuk digunakan dalam kegiatan penalaran atau pemrosesan informasi dengan menggunakan Via Whatsapp dan Via Google Classroom; Kedua, Kelebihan
pemanfaatan aplikasi ini yakni: 1) mudah digunakan baik dengan media laptop atau smarthphone; b) fleksibel digunakan dalam kegiatan pembelajaran; 3) Desainnya friendly karena tidak perlu menginstal software khusus; 4) Dilengkapi dengan keterbatasan alokasi waktu;5) Pembiasaan Siswa berpikir cepat
dan tepat; 5) Dilengkapi fitur analisis evaluasi hasil belajar tiap siswa, ; 6) Desain soal sesuai dengan karakteristik perkembagan kognitif anak. Dan Kekurangan dalam pemanfaatannya yakni 1) Perlunya fasilitas kekuatan internet; dan 2) Perlunya sosialisasi sebelum penggunaan aplikasi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-11-25

How to Cite

Qomariyah, L. ., & Qodir, A. . (2020). PEMANFAATAN APLIKASI “KAHOOT” PADA EVALUASI KETRAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB DI MI AL ADNANI KAYANGAN DIWEK JOMBANG. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 4(1). Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/1361