EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA

Authors

  • Erni Septianawati Tadris Matematika, fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri
  • Ervin Abdillah Psikologi Islam, fakultas ushuluddin dan dakwah, IAIN Kediri

Keywords:

pendekatan realistik, penalaran matematis, pembelajaran statistika

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisa efektivitas pembelajaran dengan pendekatan realistik dalam meningkatan kemampuan penalaran matematis mahasiswa pendidikan bahasa inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain pretest postest control group. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester enam tahun ajaran 2019/2020 program studi pendidikan bahasa inggris Universitas Islam Kadiri. Teknik pengumpulan data instrumen menggunakan lembar tes dan kuisioner tertutup. Teknik analisis data menggunakan uji independen sample t-test dengan taraf siginifikansi 5 %. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan realistik efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis mahasiswa pendidikan bahasa inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-11-25

How to Cite

Septianawati, E. ., & Abdillah, E. . (2020). EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 4(1). Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/1360