PENGARUH KELAS KLINIK BERBASIS MULTIPLEINTELLEGENCES UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN ANAK USIA SEKOLAHDASAR

Authors

  • Edi Siswanto Bambang Universitas Hasyim Asy’ari
  • Arinna Manasikana Oktaffi Universitas Hasyim Asy’ari
  • Yunita Rahma Pratiwi Emy Universitas Hasyim Asy’ari

Keywords:

kelas klinik, multiple intelligences, kecerdasan anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan siswa Sekolah Dasar melalui kelas klinik yang
berbasis Multiple Intellegences. Ide awal dari penelitian ini adalah adanya kesulitan siswa dalam belajar.
Dengan bantuan kelas klinik, diharapkan mampu meningkatkan kecerdasan siswa guna berefek pada
keberhasilan siswa, sehingga pembelajaran tuntas bisa terwujud. Percepatan sekolah ramah anak harus
dilakukan seluruh kementerian atau lembaga terkait demi kepentingan terbaik bagi anak. Meliputi
paradigma guru yang harus menganggap bahwa : (1) Setiap anak adalah bintang. (2) Kecerdasan itu
seluas samudra meliputi kecerdasan kognitif,afektif, psikomotor. (3) Manusia mempunyai kecerdasan
majemuk yang dikenal dengan istilah Multiple Intellegences. (4) Seorang guru harus bisa menyelami
kemampuan siswa (discovery ability). (5) Semua anak mempunyai bakat dan minat yang harus
dikembangkan.Program kelas klinik ini merupakan program pengaruh kelas klinik berbasis Multiple
Intellegences sebagai upaya meningkatkan kecerdasan anak usia Sekolah Dasar. 2. Mengetahui
bagaimana kualitas kelas klinik berbasis Multiple Intellegences sebagai upaya meningkatkan kecerdasan
anak usia Sekolah Dasar di lihat dari produk dan penerapannya di kelas. 3. Mengetahui bagaimana hasil
kelas klinik berbasis Multiple Intellegences sebagai upaya meningkatkan kecerdasan anak usia Sekolah
Dasar. Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) pada penelitian ini adalah 2. Adapunluaran penelitianyang.
Buku Ajar ber-ISBN, 3. HKI .

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-21

How to Cite

Bambang, E. S. ., Oktaffi, A. M. ., & Emy, Y. R. P. . (2020). PENGARUH KELAS KLINIK BERBASIS MULTIPLEINTELLEGENCES UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN ANAK USIA SEKOLAHDASAR. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 4(1). Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/1358