ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN ASAM BASA DI KELAS XI SMA/MA

Authors

  • Andri Wahyu Wijayadi Prodi Pendidikan IPA, FIP, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Nur Hayati Prodi Pendidikan IPA, FIP, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Lina Arifah Fitriyah Prodi Pendidikan IPA, FIP, Universitas Hasyim Asy’ari

Keywords:

Proses pembelajaran, Asam basa, SMA/MA

Abstract

Penelitian ini merupakan tahap awal dari penelitian dan pengembangan. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui gambaran proses pembelajaran materi asam basa yang selama ini berlangsung pada jenjang
SMA/MA. Hasil penelitian tersebut sebagai bahan pengembangan konten/isi dari produk yang akan
dikembangkan sehingga dapat mengatasi permasalahan pembelajaran asam basa yang terjadi selama ini.
Subjek penelitian adalah dua orang guru kimia yang mengajar di jenjang SMA/MA. Instrumen pengumpul
data berupa angket hasil pengembangan oleh peneliti. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif
berdasarkan hasil jawaban angket. Hasil penelitian diketahui bahwa urutan penyampaian materi asam
basa dimulai dengan penyajian pada representasi makroskopik dilanjutkan representasi mikroskopik dan
simbolik. Penggunaan strategi pembelajaran yang telah bervariasi sesuai tuntutan kurikulum 2013.
Kendala pembelajaran materi asam basa dan kesulitan yang dialami siswa berkaitan dengan perhitungan
nilai pH larutan. Ketuntasan pembelajaran materi asam basa berada pada kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-25

How to Cite

Wahyu Wijayadi, A. ., Hayati, N. ., & Arifah Fitriyah, L. . (2020). ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN ASAM BASA DI KELAS XI SMA/MA. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 4(1). Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/1340