EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN QIROAH MUWAHADAH di PONDOK PESANTREN MADRASATUL QUR’AN

Authors

  • Aida Arini Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Shobihus Surur Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Vian Hanes Andreastya Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Hasyim Asy’ari

Keywords:

Madrasatul Qur’an, qiro’ah muwahadah, efektivitas

Abstract

Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an memliki standarbacaan al-Qur’an bagi santrinya, Qiro’ah
Muwahadah adalah metode standar yang digunakan yang disusun dan diimplementasikan oleh KH. Yusuf
Masyhar, pendiri pesantren ini. Metode ini digunakan secara berlanjut dari generasi ke generasi. Ciri khas
metode ini adalah adalah makharijul huruf, sifatuha, ahkamuha, waqf dan washl serta mad wajib,
qolqolah, waqf pada huruf raum. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi kasus
di pondok peantren Madrasatul Qur’an sebagai desain penelitiannya, dalam bentuk deskriptif analisis.
Bentuk pembeajaran al-Qur’an di pesantren in adalah kalsikal dengan model setoran, mudarosah,
fashohah dan tahfidz. Metode ini teruji efektivitasnya sepanjang kiprah pesantren yang diakui sebagai
lembaga dengan santri dan alumni berpotensi baik terhadap al-Qur’an sebagai hamilil qur’an lafdzan wa
ma’nan wa ‘amalan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-25

How to Cite

Arini, A. ., Surur, S. ., & Hanes Andreastya, V. . (2020). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN QIROAH MUWAHADAH di PONDOK PESANTREN MADRASATUL QUR’AN. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 4(1). Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/1339