EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN QIROAH MUWAHADAH di PONDOK PESANTREN MADRASATUL QUR’AN
Keywords:
Madrasatul Qur’an, qiro’ah muwahadah, efektivitasAbstract
Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an memliki standarbacaan al-Qur’an bagi santrinya, Qiro’ah
Muwahadah adalah metode standar yang digunakan yang disusun dan diimplementasikan oleh KH. Yusuf
Masyhar, pendiri pesantren ini. Metode ini digunakan secara berlanjut dari generasi ke generasi. Ciri khas
metode ini adalah adalah makharijul huruf, sifatuha, ahkamuha, waqf dan washl serta mad wajib,
qolqolah, waqf pada huruf raum. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi kasus
di pondok peantren Madrasatul Qur’an sebagai desain penelitiannya, dalam bentuk deskriptif analisis.
Bentuk pembeajaran al-Qur’an di pesantren in adalah kalsikal dengan model setoran, mudarosah,
fashohah dan tahfidz. Metode ini teruji efektivitasnya sepanjang kiprah pesantren yang diakui sebagai
lembaga dengan santri dan alumni berpotensi baik terhadap al-Qur’an sebagai hamilil qur’an lafdzan wa
ma’nan wa ‘amalan.