IMPLEMENTASI ONLINE MARKET PLACE PADA INDUSTRI RUMAHAN DI DESA MOJODANU NGUSIKAN JOMBANG

  • Ahmad Heru Mujianto Universitas Hasyim Asy'ari
  • Hadi Sucipto Universitas Hasyim Asy'ari
  • Chamdan Mashuri Universitas Hasyim Asy'ari
  • Ginanjar Setyo Permadi Universitas Hasyim Asy'ari
  • Tanhella Zein Vitadiar Universitas Hasyim Asy'ari
Keywords: Industri Rumahan,, Marketplace, PKM, Online

Abstract

Data tingkat pengangguran di Indonesia menurut Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa hingga tahun 2017 masih terdapat 7,04 juta orang belum bekerja, hal tersebut menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi Indonesia. Salah satu upaya mengurangi pengangguran dengan memulai bisnis sendiri yang tentunya juga dibekali dengan ketrampilan. Membangun Industri Rumahan tidaklah mudah harus banyak pertimbangan dan strategi yang tepat. Terdapat beberapa Industri Rumahan di Desa Mojodanu Ngusikan Jombang yang bergerak dibidang kuliner. Berdasarkan hasil analisa pada Industri Rumahan Desa Mojodanu, rendahnya tingkat pemasaran tidak hanya disebabkan karena media pemasaran yang terbatas tetapi juga karena strategi bisnis yang diterapkan kurang tepat. Sehingga kegiatan PKM yang akan dilaksanakan meliputi pelatihan pengenalan teknologi informasi, implementasi strategi bisnis dan implementasi website marketplace berbasis online. Metode yang digunakan dalam PKM ini dengan cara langsung presentasi, pendampingan, praktikum dan berdiskusi sehingga diharapkan pelaku Industri Rumahan dapat memahami dan mempraktikkan apa yang telah disampaikan. Hasil akhir PKM ini diharapkan pelaku Industri Rumahan Desa Mojodanu mampu memperluas target pemasaran yang tidak hanya secara konvensional tetapi sudah bisa melakukan transaksi penjualan secara online sehingga mampu meningkatkan produktivitas dan pendapatan Industri Rumahan Desa Mojodanu dan produk dari Industri Rumahan Desa Mojodanu mampu menjadi produk unggulan daerah khas desa Mojodanu Ngusikan Jombang.

Published
2020-03-29
Section
Articles