MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF GURU SMA ABDUL HADI DENGAN STRATEGI LITERASI

Authors

  • Rusli Ilham Fadli Universitas Hasyim Asy'ari
  • Alfian Setya Nugraha Universitas Hasyim Asy'ari
  • Resdianto Permata Raharjo Universitas Hasyim Asy'ari
  • Agus Sulton Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/abidumasy.v1i1.649

Keywords:

inovatif, literasi, model pembelajaran

Abstract

Tujuan diadakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mendampingi guru dalam menggunakan Model Pembelajaran Inovatif dengan Strategi Literasi. Hali ini merupakan salah satu kewajiban pendidik dalam rangka menyelesaikan permasalahan sosial yang dalam kurun waktu terakhir ini terjadi di masyarakat. Selain itu, peserta juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan para pemateri dan peserta yang lain. Tujuan Mata Kuliah bahasa Indonesia sesuai dengan Kurikulum Standar Isi adalah agar mahasiswa memiliki kemampuan: (1) berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis; (2) menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara; (3) memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan; dan (4) menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, kematangan emosional dan sosial; (5) menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa; (6) menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khasanah budaya dan intelektual manusia Indonesia. Adapun ruang lingkup Mata Kuliah Bahasa Indonesia sesuai dengan kurikulum berbasis kompetensi mencakup komponen kemampuan yang meliputi aspek: (1) mendengarkan, (2) berbicara, (3) membaca dan (4) menulis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-03-29